Selasa, 14 Agustus 2012

Tentang ROHIS


Apasih Rohis Itu..??
Rohis adalah Organisasi yang menghimpun remaja muslim yang aktif dalam kegiatan keagamaan untuk maksud & tujuan yang sama yaitu untuk memajukan agama islam.
Organisasi yang mempunyai kepanjangan Rohani Islam ini beranggotakan generasi muda-mudi yang realigius. Untuk membangun generasi Remaja Islam yang kreatif serta agamis maka Organisasi Rohis ini sangat cocok untuk perkumpulan Remaja-remaja Islam yang ingin mengembangkan bakat mereka di bidang agama khususnya. Lalu apa keunggulan Organisasi Islam dengan Organisasi Umum lainnya :
Perbandingan organisasi Islam dengan organisasi umum
No
Organisasi Islam
Organisasi Umum
1
Ibarat satu tubuh
Ibarat satu mobil
2
Berkumpul karena ibadah
Berkumpul karena bekerja
3
Orientasi menyeluruh
Orientasi parsial
4
Tuntutan syar’i
Tuntutan personal / kebutuhan
5
Kerjasama untuk Islam
Sama-sama Kerja
6
Pekerjaan bernilai ibadah
Bernilai jasa kpd manusia

Pemuda/Remaja islam hari ini adalah gambaran masa depan islam. Apabila baik pemudanya maka akan baik pula islam di dalamnya. Dr. Syakir Ali Salim berpendapat, pemuda islam merupakan tumpuan umat. oleh karena itu existensinya sangat diperlukan di masyarakat. “Maka apakah kamu mengira, bahwa kami menciptakan kamu main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kami” QS. al-Mu’minuun:115
Oleh karena hal tersebut kita sebagai Remaja Islam harus bisa ikut berperan dalam memajukan agama Islam, dengan berdakwah di sekolah melalui Organisasi Rohis ini kita sebagai generasi Islam selanjutnya harus bisa menciptakan generasi muda-mudi Islam yang tau benar tentang agama, mengenal siapa Tuhan mereka, mewujudkan masyarakat islami, mengenal Nabi & Rosul kita serta melaksanakan Sunah-sunah beliau. Itulah salah satu tujuan dibentuknya Organisasi Rohis di sekolah.
Beberapa ulama menggolongkan peranan pemuda Islam seperti di bawah ini : 
1. Pemuda sebagai Generasi Penerus Dakwah Islam yang akan datang
2. Pemuda sebagai Generasi Pengganti nenek moyang kita yang sudah mendahului kita untuk menjadi generasi yang lebih baik dari yang dahulu
 3. Pemuda Sebagai Generasi Pembaharu (Reformer) Ingatlah ketika ia (Ibrahim-pen) berkata kepada bapaknya : “wahai bapakku, mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat menolong sedikitpun” (QS. Maryam : 42) Perbedaan jarak dan waktu bukan alasan bagi kita untuk menjadi generasi yang lemah.

Beberapa karakter yang seharusnya dimiliki seorang pemuda muslim untuk mengawal estafeta dakwah sebagai berikut:
  1. Keimanan yang kuat dan ketegaran dalam menghadapi segala rintangan dakwah.
  2. Seorang pemuda harus mempunyai keberanian untuk menegakkan yang Hak agar yang batil itu musnah. Seperti kisah ashabul kahfi
  3. Ukhuwwah (persaudaraan) serta persatuan yang kokoh. Jika para pemuda bersatu maka Allah akan memberikan mereka kekuatan dan kemenangan. Sudah seharusnya pemuda muslim menjadi pioneer persatuan bukannya pemecah belah umat.
  4. Kemampuan memimpin umat

1 komentar:

  1. sip min... bagi yang mau nambah ilmu tentang islam, bisa juga kunjungi http://forumdakwahmuslim.blogspot.com/
    mudah2han bermanfaat...
    "Senyuum"

    BalasHapus